Kumpulan Kata Mutiara dan Motivasi kerja Karyawan

blogger templates

Kata Kata Motivasi Kerja Untuk Karyawan


  1. Kata Kata Bijak Yang Pertama : Belajar Mengerti Baru Di Mengerti

Pemandangan itu sungguh menyedihkan. Dua orang pria tampak tertidur lelap di bangku prioritas sebuah KRL. Bangku prioritas itu sebenarnya ditujukan untuk para penumpang dengan disability, lansia, atau ibu hamil. Seorang nenek tua menggunakan tongkat naik tergopoh-gopoh kedalam KRL. Keadaan KRL yang penuh sesak membuatnya kesulitan bernapas. Namun kedua pria yang sepertinya (kalau menurut saya saat itu hanya berpura-pura tidur) tetap melanjutkan tidurnya. Terlebih yang membuat kian miris, ketika ada seorang anak yang menggandeng sepasang tunanetra, berusaha membangunkan kedua pria itu, dan menujuk bahwa nenek tadi membutuhkan tempat duduk, mereka malah marah-marah dan menyuruh anak itu mencari tempat lain. Dan, mereka pun melanjutkan tidurnya! 

Anda mungkin pernah melihat pemandangan seperti ini terjadi di transportasi umum di jakarta, baik KRL, Transjakarta atau yang lainnya (Semoga kita semua bukan menjadi bagian dari mereka yang melakukan hal seperti itu) Kalau merasa biasa-biasa saja mendengar cerita ini, bisa dibilang mungkin kita kurang memiliki rasa empati pada orang lain. Mengapa? Karena empati adalah salah satu penggerak seseorang untuk berbuat baik kepada sesama.

 Psikolog Alfred Adler mendefinisikan empati sebagai kemampuan untuk 'melihat dengan mata orang lain, mendengar dengan telinga orang lain, dan merasakan dengan hati orang lain'. Berbeda dengan simpati yang masih menggunakan 'kacamata' diri sendiri, empati merupakan takaran yang membedakan tingkat kepedulian dan keinginan menolong sesama pada setiap orang. Mereka yang memiliki empati biasanya lebih peka dalam merasakan penderitaan orang lain, sehingga timbul keinginan untuk menolong atau meringankan penderitaan sesama. 

Dalam bukunya, Stephen Covey juga menyinggung tentang bagaimana kita harus belajar mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti orang lain. Mengetahui bagaimana untuk dimengerti sama pentingnya dengan mencoba mengerti untuk mencapai solusi Menang/Menang, dan memerlukan keteguhan hati. Filosofi Yunani Ethos, Pathos dan Logos memberikan urutan untuk komunikasi yang efektif. Etos adalah kredibilitas pribadimu. Pathos adalah sisi daya empati. Logos adalah sisi alasan. Banyak orang langsung menuju sisi logis tanpa dimulai dengan menyusun karakter dan membangun hubungan yang kemudian membuat mereka melupakan pentingnya berempati. 

Habit 5 : ‘Mengerti, Baru dimengerti’ adalah kekuatan dalam diri kita yang berfokus pada pusat pengaruh dari dalam keluar. Ketika Anda memfokuskan pada bangunan pengertian anda, mencoba memahami orang lain dengan sepenuh hati, saat itu anda sebenarnya sedang berusaha mencari peluang untuk bisa membentuk sinergi. Dengan memahami orang lain, kita belajar mengenai paradigma bagaimana melihat dunia dan kebutuhannya. Kemudian kita bisa mencoba untuk menyelesaikan perbedaan untuk bekerja bersama. Oleh karenanya penting bagi kita untuk berempati. Dalam sebuah hubungan kerja, pertemanan atau bahkan persahabatan yang anda miliki akan melibatkan pembicaraan-pembicaraan, pengambilan keputusan yang tentunya melibatkan empati. 

Dalam sebuah hubungan, Anda akan berbicara, mendengar bahkan mengambil keputusan dengan empati. Semua itu membutuhkan waktu dan perhatian tulus anda untuk bisa mengambil langkah yang berdampak baik bagi semua. Anda tidak akan pernah benar-benar mampu mengerti orang lain dan melihat dunia sebagaimana ia melihatnya sampai anda benar-benar mengerti bagaimana caranya membangun empati dalam diri anda. Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya empati dalam kehidupan. Padahal dengan adanya empati, kehidupan bisa berjalan lebih tenang, tentram dan damai. Empati penting sebagai jembatan untuk bisa berhubungan baik dengan orang lain.

Begitu pentingnya empati, bahkan saat ini telah ditemukan sebuah terapi yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan empati. Terapi tersebut adalah Terapi Gelombang Otak Emphaty Induction. Terapi Gelombang Otak Emphaty Induction adalah sebuah terapi yang dirancang khusus oleh para ahli untuk membantu meningkatkan rasa empati Anda. Terapi Gelombang Otak Emphaty Induction bekerja dengan mengubah gelombang otak Anda menuju frekuensi yang tepat untuk memasuki pikiran bawah sadar Anda dan mengubah Anda menjadi orang yang memiliki sifat saling menghargai dan berempati dengan baik. Terapi ini hanya sebatas memudahkan memunculkan rasa empati dari dalam diri Anda. Keberhasilan dalam meningkatkan empati, tetap terletak pada diri Anda sendiri, terletak pada seberapa besar keinginan Anda untuk memunculkan empati Anda. Terapi ini tidak akan berfungsi jika tidak ada niat dari diri Anda untuk meningkatkan empati Anda sendiri. 

Berempati adalah kemampuan untuk merasakan apa yang orang lain rasakan - kunci untuk membangun hubungan yang berarti dan hidup bersama dengan orang lain. Beberapa orang terlahir dengan kemampuan alami untuk berempati, dan sebagian lain merasa sulit untuk berhubungan dengan orang lain. Namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperdalam rasa empati Anda. 

Cara yang pertama cobalah berhubungan dengan emosi Anda sendiri. Untuk merasakan emosi orang lain, Anda harus mampu merasakannya pada diri Anda. Apakah Anda terhubung dengan perasaan Anda? Apakah Anda menyadari ketika Anda merasa bahagia, sedih, marah, atau ketakutan? Apakah Anda membiarkan perasaan ini naik ke permukaan, dan apakah Anda mengekspresikannya? Jika Anda cenderung untuk memendam perasaan Anda daripada mengijinkannya untuk menjadi bagian kehidupan Anda, usahakan untuk membiarkan diri Anda merasakan perasaan anda sendiri, mengekspresikanya, lalu memaknaiknya lebih dalam lagi. 

Cara yang kedua, cobalah untuk selalu mendengarkan dengan hati-hati. Dengarkan apa yang orang lain katakan, dan perhatikan perubahan nada suara mereka. Perhatikan setiap gelagat kecil yang merupakan sinyal- sinyal yang menggambarkan bagaimana perasaan seseorang. Mungkin bibirnya bergetar dan matanya berkaca-kaca. Mungkin lebih jelas - dia sering melihat ke bawah, atau dia seperti melamun. Kesampingkan diri Anda dan serap cerita orang lain. Hal lain yang juga tidak boleh anda lakukan ketika mendengarkan adalah Jangan menghakimi!. Jika Anda sudah memberikan judgment, berarti anda belum benar-benar mendengarkan. 
Terakhir, Anggap diri Anda orang lain tersebut. Pernahkah Anda membaca cerita yang sangat menggugah, sehingga Anda melupakan diri Anda? Untuk beberapa menit, Anda terbawa kisahnya dan merasa menjadi tokoh tersebut, dan Anda mengetahui dengan pasti bagaimana rasanya melihat orang yang Anda cintai memilih orang lain (misalnya). 

Merasakan empati tidak jauh berbeda. Ketika Anda mendengarkan seseorang dan benar-benar mencoba untuk mengerti, akan tiba waktunya ketika Anda mulai merasakan apa yang orang lain rasakan. Anda akan melihat sekilas apa artinya bagi mereka. Tunjukkan kepada orang lain bahwa Anda memahami perasaan mereka. Gunakan bahasa tubuh yang menunjukkan bahwa Anda terlibat: buat kontak mata, sedikit mencondongkan tubuh ke arah pembicara, jangan gelisah. Mengangguklah, menggoyangkan kepala Anda, atau tersenyumlah ketika dirasa pantas untuk melakukannya. Ini adalah cara-cara untuk menunjukkan empati Anda pada saat itu, untuk membangun kepercayaan dengan orang yang membagikan perasaannya dengan Anda. Jika Anda terlihat terganggu, melihat ke arah lain, atau memberikan tanda bahwa Anda tidak mendengarkan atau Anda tidak tertarik, orang mungkin akan menutup diri dan berhenti berbicara. 

Gunakan empati Anda untuk membantu orang lain. Berempati kepada orang lain adalah pengalaman belajar, dan sangat baik karena dapat mengubah cara Anda bersikap ketika Anda bertemu dengan orang baru, atau mengubah sudut pandang Anda terhadap hal-hal yang anda tidak sukai. Untuk membangun kehidupan yang lebih baik, biarkan empati mempengaruhi cara Anda menjalani kehidupan di dunia ini. 
Emphaty is really the
 capacity to understand that every war is both won and lost 
..and that someone else’s pain is as meaningful as your own... 

Demikian kata kata bijak yang mungkin akan menambah wawasan ataupun motivasi untuk anda dalam bersikap dalam bekerja,tunggu kumpulan motivasi kami selanjutnya.

0 Response to "Kumpulan Kata Mutiara dan Motivasi kerja Karyawan"

Post a Comment

terimakasih Sudah mengunjungi dan membaca blog saya,silahkan tinggalkan pesan atau saran